SHARE

Menteri Koordinator bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan Puan Maharani memimpin upacara pelepasan peserta Ekspedisi NKRI koridor Papua sisi Selatan 2017. Puncak acara ekspedisi ini juga akan berjalan pas pada peringatan hari Sumpah Pemuda yakni 28 Oktober 2017 di Merauke.

Ekspedisi melibatkan 1. 180 peserta dari beragam kelompok, terutama generasi muda. Peserta ekspedisi asal Jakarta sejumlah 574 orang, serta dari Papua sejumlah 606 orang. Peserta yang lain, sejumlah 311 orang adalah mahasiswa dari 103 perguruan tinggi di Indonesia.

Pada mereka, Puan berpesan supaya peluang itu bisa jadikan pengalaman baru. “Ini jadi peluang yang begitu baik untuk beberapa peserta untuk menelusuri negeri, ” katanya di lapangan hitam Pusdik Kopassus, Batujajar, Jumat (21/7/2017), seperti launching yang di terima Kompas. com.

Dengan ikut serta segera, kata Puan, peserta bisa lihat segera kebesaran Nusantara, memaknai keragaman yang ada, serta pelajari dalam kebersamaan Indonesia.

Ekspedisi NKRI diproyeksikan untuk menanamkan nasionalisme pada generasi muda. Disana, peserta juga akan ikuti aktivitas outbond, survival, serta kesibukan pembinaan yang lain.

Dengan terdapatnya acara itu, Puan mengharapkan peserta dapat jadi agen perubahan langkah berfikir, langkah bekerja, serta langkah hidup yang bisa membuat orang-orang bermartabat, berkemajuan, serta bergotong royong.

Keinginan yang lain, ada temuan baru, baik sumber kekayaan alam ataupun budaya di lapangan ekspedisi.