SHARE

Polres Metro Jakarta Selatan menangkap dua pencuri bermodus ganjal kartu ATM, RS (43) serta H (41). Sebelumnya tertangkap pada Kamis (20/7/2017), komplotan pencuri berhasil memperoleh beberapa puluh juta rupiah dari kejahatan itu.

Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Budi Sartono menerangkan keduanya di tangkap sesudah seseorang warga sebagai korban pada Februari 2017 lantas memberikan laporan ke polisi.

” Awalnya korban ambil uang tarik tunai di mesin ATM BNI Alfamidi Radio Dalam, mendadak kartu ATM tidak keluar atau nyangkut didalam mesin itu, lantas datang dua orang yg tidak di kenal hampiri korban, untuk menolong keluarkan kartu ATM-nya, ” kata Budi dalam info tertulisnya, Jumat (21/7/2017).

Langkah kerjanya, RS mengganjal slot kartu ATM dengan tusuk gigi. Kemudian, ia serta H berpura-pura mengantre di belakang korban yang kartunya terganjal.

Waktu korban cemas, RS merekomendasikan korban untuk memencet pin berulang-kali. Waktu tersebut aktor mengintip serta mengahapal pin yang dipencet korban. Sesudah korban pergi, H mencongkel kartu itu dengan gergaji besi serta kuras semua berisi.

” Sesudah dicongkel dia lalu segera kuras berisi, karna pinnya telah diperoleh, ” terang Budi.

Dalam tindakan terakhirnya saja, ke-2 aktor berhasil kuras tabungan sampai Rp 12 juta. Keduanya Polisi pada akhirnya menangkap mereka di satu tempat tinggal kost di Karawaci, Tangerang.

Sejumlah 12 kartu ATM ikut diambil alih dalam penangkapan itu. Mereka mengakui baru beraksi 3x yakni di Jakarta Selatan. Mereka mengakui belajar dari rekannya. Polisi masih tetap menggali info dari keduanya.

” Dipakai Pasal 363 KUHP mengenai pencurian, ” tutur Budi.