SHARE

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto menyatakan Perppu Ormas Nomor 2 Th. 2017 yang diterbitkan menukar UU Ormas bukanlah bentuk aksi kesewenangan pemerintah. Perppu Ormas diperuntukkan supaya mencegah ormas yang bertentangan dengan ideologi Pancasila bisa jalan efisien.

” Pemerintah menginginkan orang-orang tetaplah tenang serta bisa terima Perppu ini. Karna Perppu ini berbeda sekali punya maksud membatasi kebebasan ormas, ” kata Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

Pemerintah menurut Wiranto tidak punya maksud membatasi aktivitas ormas yang memberi faedah untuk bangsa.

” Juga bukanlah aksi sewenang-wenang pemerintah ingin menang sendiri, bukanlah. Namun hanya untuk menjaga persatuan, menjaga kesatuan bangsa dan untuk melindungi eksistensi bangsa Indonesia yang tengah membuat persaingan perebutan begitu ketat, ” sambungnya.

Diluar itu Wiranto mengatakan Perppu Ormas tidak punya maksud mendiskreditkan ormas Islam atau membuat jarak pada orang-orang Islam dengan pemerintah.

” Ada sekali lagi (pandangan) Perppu seolah-olah mendiskreditkan orang-orang muslim, sekalipun tidak. Jangan pernah ada tuduhan pemikiran prasangka, juga akan memisahkan pemerintah dengan orang-orang Islam dengan ormas Islam, sekalipun bukanlah, ” tuturnya.

Baca Juga  Pemerintah Perluas Definisi Tindakan Anti Pancasila Lewat Perppu