SHARE

Ibunda Chelsea Islan, Samantha Barbara, sempat bergelut dengan kanker payudara saat Chelsea masih tetap duduk di bangku SMA. Keteguhan sang ibu melawan kanker payudara memberi pelajaran bernilai untuk Chelsea sampai sekarang ini.

” Ini langkah Tuhan mendidik kita, ” tutur Chelsea memulai ceritanya waktu didapati dalam sosialisasi Indonesia Goes Pink 2017, di kantor Lovepink Indonesia, Selasa (11/7).

Sebentar sesudah ketahui diagnosis itu, Chelsea dengan aktif mencari tahu mengenai kanker payudara. Chelsea serta Samantha juga lebih sama-sama melindungi kesehatan keduanya. Mengingat kanker payudara bukanlah penyakit yang dapat dihindari, Chelsea mengambil keputusan untuk pro aktif lakukan deteksi awal dengan teratur. Satu diantara langkah yang teratur Chelsea kerjakan adalah lakukan cek up dengan berkala.

” Saya serta mamaku seringkali melindungi kesehatan, (satu diantaranya) lewat checkup, ” lebih Chelsea.

Jadi perempuan yang mempunyai aspek resiko kanker payudara dari keturunan, Chelsea juga dengan teratur lakukan ‘Periksa Payudara Sendiri’ (Sadari) tiap-tiap bln.. Sadari perlu untuk dikerjakan supaya kehadiran kanker payudara dapat terdeteksi sedini mungkin saja.

” Jadi anak muda, kita harus aware dengan kanker payudara serta kanker apa pun, ” ungkap Chelsea.

Perjuangan sang ibu dalam melawan kanker payudara juga buka mata Chelsea tentang arti perjuangan serta kehidupan. Hal semacam ini membuat Chelsea jadi lebih bersukur serta lebih menghormati kehidupan yang ia lakoni.

” I’m really proud of you, Mom, ” tutur Chelsea pada ibunya.

Hal seirama juga disibakkan oleh Samantha yang saat ini berhasil jadi survivor kanker payudara. Samantha berpesan supaya beberapa wanita dengan aktif lakukan deteksi awal kanker payudara dengan teratur. Argumennya, kanker payudara juga akan makin susah dikerjakan bila diketemukan pada fase lanjut.

Baca Juga  Chelsea Islan Berikan Pemahaman Kanker Payudara ke Rekan Sebaya

Sadari mesti dikerjakan dengan pas di saat yang pas. Samantha menyebutkan Beberapa langkah lakukan sadari dapat diperoleh dengan komplit oleh beberapa perempuan Indonesia lewat situs lovepinkindonesia. org.

” Saat yang pas yaitu 7-10 hari sesudah menstruasi, ” terang Samantha.