SHARE

Jakarta – Kemenangan Tentara Irak atas pasukan ISIS di Mosul, Irak membuat beberapa negara di Asia Tenggara semakin tingkatkan kewaspadaan, termasuk juga Malaysia. Negeri Jiran itu segera mengaplikasikan status siaga satu.

Menyikapi hal semacam ini, Wakapolri Komjen Syafruddin meyakinkan pihaknya dengan TNI juga tetaplah mewaspadai ancaman teror dari grup ISIS.

” Kita siaga juga. Tak perlu diumumkan, ” kata Syafruddin di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Syafruddin menyebutkan, satu diantara langkahnya yakni dengan memperketat pengawasan di semua lokasi perbatasan dengan negara-negara beda. Tidak cuma itu, pemantauan pada warga negara Indonesia (WNI) yang dicurigai sempat ikut ikut serta grup teror ISIS juga dikerjakan.

” Satu diantaranya. Termasuk (pemantauan ISIS di Indonesia), ” ucap Syafruddin.

Terlebih dulu, kemenangan Tentara Irak atas pasukan ISIS di Mosul menggelisahkan Malaysia. Mereka mencemaskan, tentara ISIS yang kabur dari pertempuran di Mosul juga akan menuju Negeri Jiran.

Malaysia sekarang ini dalam keadaan siaga satu. Info itu di sampaikan Menteri Pertahanan, Hishammudin Hussein. Menurut Hussein, ISIS telah dideklarasikan jadi musuh nomor satu untuk Malaysia. Oleh karenanya, dia mendorong persatuan dari semua pihak untuk mengatasi potensi jelek itu.

Satu diantara langkah pengamanan yang sudah dikerjakan Malaysia yaitu memperketat ruang keluar masuk di sebagian perbatasan. Terlebih di Pantai Timur Sabah.