SHARE

JAKARTA — Persib Bandung juga akan menjamu Persija Jakarta pada kelanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7). Kepolisian masih tetap sangsi memberi izin untuk supporter Persija atau Jakmania melihat segera kesebelasan kesayangannya bertanding di Bandung.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Jumat (21/7), menyebutkan belumlah ada ketentuan final apakah Jakmania dapat ada di stadin atau tidak. Dia menyebutkan, kepolisian masih tetap memperhitungkan apakah ke-2 supporter yang sering ribut itu dapat ada di tempat yang sama saat kompetisi berjalan.

Rikwanto menyebutkan butuh diskusi mendalam untuk sangat mungkin Jakmania ada di Stadion GBLA pada pertandingan itu. Atau, apakah sangat mungkin Persija tidak membawa suporter sekalipun ke Bandung.

Dengan hal tersebut, cuma ada satu grup supporter dalam stadion, yakni pendukung Persib. Ia menyebutkan hal tersebut sempat dikerjakan pada pertandingan liga Indonesia terlebih dulu.

” Bila main di Bandung yang ada hanya supporter Persib, bila mainnya di Jakarta yang ada cuma supporter Jakmania. Ini tengah didiskusikan bagaimana sebaiknya, yang perlu kompetisi tetaplah terwujud serta tidak berlangsung keributan, ” kata dia.

Rikwanto mengungkap senantiasa ada dilema saat ke-2 club ini akan berlaga. Sebab, supporter ke-2 club senantiasa tawuran saat Persija serta Persib bertemu. ” Problem kompetisi sepakbola Jakmania serta Persib itu dilematis, beberapa kali sudah pertemuan diantara mereka senantiasa berlangsung tawuran, ” kata dia.

Anehnya, dia meneruskan, keributan ini tidak berlangsung di level beberapa pemain. Dia menjelaskan beberapa pemain tidak sempat lakukan keributan saat ke-2 tim berjumpa, tetapi cuma supporter semasing yang senantiasa tidak sempat akur. ” Suporter ini seakan-akan telah (jadi) musuh kekal, ” kata Rikwanto.