SHARE

YOGYAKARTA — Presiden Joko Widodo mempromosikan Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika pada beberapa mahasiswa serta pelajar di Yogyakarta dalam acara Kongres Ke-9 Pancasila.

” Kita berkumpul di sini yaitu untuk prinsip yang sama, untuk semangat yang sama yakni semangat untuk menguatkan Pancasila jadi jiwa bangsa kita, menguatkan Pancasila jadi jiwa raga kita, serta menguatkan Pancasila jadi langkah hidup berbangsa serta bernegara, ” kata Jokowi dalam sambutannya di halaman Balairung UGM di Yogyakarta, Sabtu (22/7).

Ia menyebutkan dalam tiap-tiap pertemuannya dengan kepala negara beda, dia senantiasa menerangkan Indonesia adalah negara yang luas serta majemuk serta dapat melindungi kerukunan. Dia memberikan kunci dari perdamaian di Indonesia yaitu nilai-nilai Pancasila.

Dia bercerita terdapat banyak kepala negara, satu diantaranya Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yang mengemukakan kekagumannya atas kerukunan di Indonesia. ” Benar-benar mereka begitu mengagumi akan, begitu kagum pada bangsa kita Indonesia. 250 juta masyarakat, namun hingga sekarang ini serta Insya Allah kelak hingga di hari akhir kita tetaplah menyatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” tutur Presiden.

Diluar itu, Jokowi juga tawarkan untuk bertukar pengetahuan serta pengalaman dalam melindungi kerukunan serta perdamaian di dalam kemajemukan orang-orang. ” Waktu itu Presiden Afghanistan juga memohon kita untuk kirim delegasi menteri serta ulama-ulama untuk datang kesana memberitahu pada beberapa grup ini, tentang Indonesia. Atau mengundang mereka yang 40 grup itu datang ke Indonesia untuk lihat, ” kata Jokowi.

Beberapa petinggi yang mengikuti Presiden dalam acara itu, diantaranya Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Ristek serta Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Gubernur Propinsi DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Rektor UGM Panut Mulyono.

Baca Juga  Presiden Hadiri Kongres Pancasila ke-9 di UGM

Dalam acara itu, Presiden diterima oleh beberapa mahasiswa UGM serta perguruan tinggi beda di Yogyakarta.

Presiden tiba di Yogyakarta pada Jumat (21/7) petang untuk lakukan kunjungan kerja di DIY serta Jawa Tengah. Selesai kunjungan di Propinsi Jateng, Presiden juga akan meneruskan kunjungan kerja ke Propinsi Riau untuk menghadiri peringatan Hari Anak Nasional 2017 pada Ahad (23/7).