SHARE

, WAETABULA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hadirnya Presiden untuk menghadiri acara Festival Tenun Ikat serta Parade 1001 Kuda Sandelwood di Waetabula, Rabu (12/7).

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta rombongannya tiba di Bandara Tambolaka dengan memakai pesawat kepresidenan pas jam 10. 15 Wita, serta segera diterima oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simandjuntak, Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso bersama beberapa petinggi setempat.

” Ayah Presiden hari ini juga akan menghadiri aktivitas festival tenun ikat serta parade 1001 kuda Sandelwood serta mengelar rangkaian acara yang lain, ” kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D Talu di Waetabula.

Ia menerangkan waktu tiba dirumah jabatan kelak, Presiden juga akan diterima oleh beberapa petinggi daerah seperti beberapa bupati dari empat kabupaten di daratan Sumba. Presiden juga akan diberi titel Rato Sumba Barat Daya atau serta juga akan diberi parang ciri khas Sumba yang gagang di buat dari gading gajah dan diberi satu kuda Sandelwood jadi penghormatan teratas.

” Kelak beliau juga akan diberi titel Rato serta juga akan kenakan juga baju kebiasaan ciri khas Sumba dan kenakan tenun ikat Lambaleko, ” imbuhnya.

Disamping itu pantauan Pada di lapangan Galatama, depan tempat tinggal jabatan Bupati Sumba Barat Daya beberapa ribu penenun dengan beberapa kain hasil tenunan serta perlengkapan tenun yang lain telah berkumpul. Mereka (penenun) kenakan pakaian kebiasaan dan membawa beberapa perlengkapan tenunnya.

Penenun asal Kodi Utara, Christina mengakui ketertarikan menyongsong kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu. ” Saya mengharapkan kelak dapat bersalaman dengan Presiden, ” katanya.