SHARE

Organisasi tinju dunia (WBO) mensahkan kemenangan petinju Australia, Jeff Horn atas petinju Filipina, Manny Pacquiao dalam persaingan perebutan titel dunia juara kelas welter, awal Juli kemarin.

Kemenangan mutlak Horn sudah mengagetkan dunia. Pihak pemerintah Filipina mempertanyakan nilai yang didapatkan beberapa hakim penilai dalam pertarungan yang berjalan di Brisbane, Australia itu.

Horn dinyaakan menang angka mutlak karna tampak agresif serta selalu menghimpit legenda tinju Filipina itu. Tiga hakim yang menilainya, Waleksa Roldan, Chris Flores serta Ramoin Cerdan berikan nilai 117-111, 115-113 serta 115-113.

WBO sesungguhnya tidak miliki wewenang untuk merubah hasil pertarungan -kecuali ada bukti-bukti hukum – ambil rangkuman sesudah menyatukan beberapa hakim berdiri sendiri. Beberapa hakim yang tidak disibak jati dirinya ini melihat jalannya pertarungan sepanjang 12 ronde tanpa ada diperlengkapi nada.

Hasil penilaian dipertunjukkan dengan pemberian point dengan taraf 60, 80 serta 100 untuk pemenang tiap-tiap ronde. ” Dari hasil ini, didapat hasil Pacquiao memenangkan ronde ke 3, 8 serta 9 dengan 100 %. Memenangkan ronde 5 dengan 80 % serta ronde 11 dengan 60 %, ” sekian pernyataan tertulis WBO.

” Horn unggul 100 % di ronde3 1, 6 serta 12. Unggul di ronde 2, 4 serta 7 dnegan 80 % dan ronde 10 dengan 60 %. ”

Dengan hasil ini, bisa diambil kesimpulan, Horn unggul 7 ronde, sesaat Pacquiao 5 ronde. Jadi bisa dibenarkan apabila Horn dinyatakan jadi pemenang. “