SHARE

BANDUNG- Tidak merasa Liga 1 Indonesia nyaris merampungkan putaran pertama. Cuma tersisa dua matchday sebelumnya pertandingan teratas sepak bola Indonesia itu juga akan rehat sesaat untuk paruh musim. Banyak momentum terwujud pada minggu ke 15 Liga 1.

PSM Makassar yang susah digoyahkan dari puncak klassemen mulai sejak awal musim pada akhirnya mesti terima nasib dikudeta oleh tim asal Pulau Garam, Madura United. Perpindahan tempat pimpinan kalsemen Liga 1 berlangsung pada Senin (17/7) kemarin. Laskar Sape Kerrab menaklukkan tamunya Persiba Balikpapan dengan score tidak tebal 1-0.

Odemwingie sang top skorer.

Marquee player asal Nigeria Peter Odemwingie jadi penentu kemenangan. Gol itu sekalian mengukuhkan sisa striker Stoke City itu di tempat tertinggi top skorer sesaat Liga 1 dengan catatan 13 gol. Odemwingie unggul dua gol atas striker Belanda punya Bali United, Sylvano Comvalius.

Juku Eja tidak berhasil menang.

PSM baru memainkan pertandingan ke-15 satu hari berselang. Mereka menjamu Barito Putera di Stadion Andi Matalatta. Kalau Juku Eja bisa menuai tiga angka pada pertandingan ini, mereka bisa kembali pada puncak. PSM walau sebenarnya telah unggul lebih dahulu lewat tendangan striker lincah Ferdinand Sinaga pada menit 32, Laskar Antasari yang bermain tidak mudah menyerah mengusung misi pantang kalah ke Makassar.

Tim bimbingan Jacksen F Thiago itu membalas satu gol pada sesi ke-2, persisnya pada menit ke-73 lewat David Laly. Cuma menuai satu angka menggenapkan nilai Tim ayam Jantan dari Timur jadi 28. Jumlah angka PSM dengan MU sama. Tetapi, operator Liga 1 menempatkan MU di tempat tertinggi karna unggul produktivitas gol.

Hasil minggu ke-15 Liga 1.

Tajamnya lini depan Serdadu Tridatu.

Baca Juga  Berikut Klasemen Sementara Liga 1 Pekan ke-15

Club Pulau Dewata, Bali United juga melanjutkan trend positif pada pertandingan away. Serdadu Tridatu menahan imbang Sriwijaya FC di Palembang 2-2 pada Rabu (19/7) malam. Pertandingan tandang terlebih dulu, tim bimbingan Widodo Cahyono Putro juga mencatatkan hasil manis di kandang PS TNI yang mereka gebuk dengan score 3-4.

Kunci kehebatan Bali United terdapat pada padunya lini depan. Irfan Bachdim serta Comvalius menjelma jadi momok gawang semuanya lawan Bali United. Silvano teratur cetak gol mulai sejak ke minggu ke-12. Striker 29 th. itu saat ini jadi kompetitor ketat untuk Odemwingie untuk memburu titel sepatu emas Liga 1.

Bachdim juga temukan tajinya. Pada awal musim, sisa bintang Timnas Indonesia itu pernah mandul. Saat ini ia telah dapat melesakkan tiga gol buat Tridatu.

Rekor kandang Arema FC dipatahkan Persipura.

Persipura Jayapura juga tampak impresif pada minggu ke-15 ini. Mutiara Hitam pada Ahad (26/7) mematahkan rekor tidak terkalahkan Arema FC di Malang. Bermain dihadapan beberapa ribu Aremania di Stadion Kanjuruhan, Malang, Persipura menang 2-0.

Pada tujuh peluang main di Malang terlebih dulu, Singo Edan tidak dapat ditaklukkan. Mereka menuai lima kemenangan serta dua hasil seri sebelumnya Persipura datang berkunjung. Persipura saat ini ada di posisi tiga Liga 1 dengan nilai 27. Cuma kalah sati angka dari Madura United serta PSM. Sedang Arema terlempar ke posisi enam dengan nilai 25.

Djanur mundur.

Satu diantara peristiwa perlu yang berlangsung di minggu ke-15 yaitu mundurnya Djadjang Nurdjaman dari kursi pelatih Persib Bandung. Djadjang mundur sesudah Maung Bandung menelan kekalahan 1-2 di markas Partner Kukar pada Sabtu (15/7). Pelatih 59 th. itu terasa tidak berhasil karna Persib masih tetap terjerembab di papan bawah.

Baca Juga  Di Liga 1 Wasit Asing Harus Lisensi FIFA dari Asia dan Eropa

Pada minggu ke 15, Persib berada di tempat 13 dengan nilai 20. Djadjang terasa bertanggungjawab atas kondisi Persib sekarang ini karna timnya telah mendatangkan beberapa pemain bintang kelas dunia. Tetapi, ia tidak bisa banyak berbuat karna nyatanya Persib punya masalah dengan lini depan mulai sejak awal musim.