SHARE

Salak Pondoh dari Sleman disukai banyak negara bahkan juga sudah di export keluar negeri. Manfaat memperluas jangkuan, Pemerintah Kabupaten Sleman tengah meniti export salak pondoh ke Selandia Baru serta Singapura.

” Salak pondoh dari Sleman banyak disukai negara beda, ” tutur Kepala Bagian Hortikultura Dinas Pertanian, Pangan, serta Perikanan Sleman Edi Sriharmanto, Selasa (11/07/2017).

Edi menjelaskan, salak pondoh dari Sleman sudah di export ke negara beda, salah satunya ke Kamboja serta China.

Bacalah juga : Kaget Dengar Keinginan Jokowi, Megawati Hampir Menelan Biji Salak

Ia mengatakan, dalam satu minggu 2 x, Grup Tani Paguyuban Partner Turindo mengekspor salak dari Sleman ke Kamboja. Jumlahnya menjangkau 5, 5 ton per minggunya.

” Lalu Asosiasi Salak Sleman Sempurna Sembada satu minggu sekali ke China sejumlah 1, 5 ton, ” ucapnya.

Export ke negara beda lanjutnya masih tetap selalu teratur dikerjakan. Termasuk juga sekarang ini pihaknya tengah meniti export salak pondoh ke dua negara lainnya.

” Kita tengah meniti export ke Selandia Baru serta Singapura, ” sebutnya.

Amerika Serikat juga, termasuk juga negara yang tertarik dengan salak pondoh dari Sleman. Cuma saja, Amerika Serikat inginkan olahan berbentuk keripik salak pondoh.

” Untuk yang export ini ambil dari tingkat petani Rp 6. 500 per kg, untuk kelas B. Tingkat kematangan 75 % hingga 80 %, ” tutur dia.