SHARE

Jakarta – Pascaperistiwa bully di Universitas Gunadarma, banyak pihak yang bersimpati pada Muhammad Farhan sebagai korban perundungan itu. Farhan menyebutkan, dia sampai kini seringkali jadi korban bully.

Farhan bercerita dianya sering dibully mulai sejak SMA oleh beberapa rekannya. Tetapi, Farhan tidak bercerita hal tersebut ke keluarga atau beberapa orang paling dekatnya.

” Telah dari lama (dibully), dari SMA telah bisa bully. Tidak (katakan sama orang-tua), saya tidak mau bebanin orang-tua, ” ucap Farhan waktu didapati di tempat tinggalnya, di Lokasi Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2017).

Farhan mengakui waktu dianya dibully oleh beberapa rekannya, masih tetap terdapat banyak rekannya yang membantu. Menurut pembicaraan Farhan, rekan wanita di kelasnya sering membantu Farhan dari pembully-an rekan-rekan beda.

” Ada (yang membantu). Rekan-rekan cewek terlebih yang bantuin bila Farhan sekali lagi di-bully, ” tutur Farhan.

Menurut pembicaraan Farhan, bentuk pertolongan yang didapatkan oleh sebagian rekan wanita di kelasnya berbentuk perlindungan pada dianya serta memberikan nasehat aktor supaya tidak lakukan bullying pada Farhan.

” (Bentuk pertolongannya) ngelindungin, saranin aktornya, ” lebih Farhan.

Momen bully pada Farhan itu dikerjakan oleh beberapa aktor pada Jumat (14/7/2017) kemarin. Waktu itu Farhan yang akan keluar kelas pernah dikunci dari luar. Setelah berhasil keluar kelas, ada momen bully yang lain.

Tas ransel yang dipakai Farhan ditarik oleh rekannya dari belakang. Ada paling tidak dua orang yang lain yang ada di dekat Farhan serta melemparkan kalimat-kalimat terdengar seperti gurauan. Peristiwa bully ini direkam memakai video serta jadi viral.

Baca Juga  Ortu Farhan juga Terima Keputusan Kampus, Maafkan Pelaku Bully