SHARE

Direktur Paling utama PT Sido Keluar Tbk Irwan Hidayat mengharapkan Presiden RI Joko Widodo dapat meluangkan diri untuk bertandang ke Danau Rawapening, Kabupaten Semarang.

Irwan mengakui mendengar info kalau Jokowi pada minggu ini juga akan lakukan kunjungan kerja di lokasi Jawa Tengah.

Bos perusahaan jamu nasional ini percaya, bila Jokowi datang serta lihat keadaan Rawapening yang memprihatinkan, jadi masalah danau alam terluas di pulau Jawa ini juga akan cepat usai.

” Pak Jokowi ini akalnya banyak. Tempat bagus seperti gini, menyakitkan hati bila tidak diapa-apakan. Bila Pak Jokowi ingin singgah tentu beres, ” kata Irwan, waktu lihat sistem shooting iklan paling baru satu diantara produknya di dermaga Sumurup, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (20/7/2017).

Menurut Irwan, Rawapening berniat diambil jadi tempat pengambilan gambar karna mempunyai pemandangan yang indah. Tetapi begitu disayangkan, danau yang dikelilingi lanskap Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, serta Gunung Telomoyo ini alami pendangkalan yang cukup kronis.

Sekarang ini nyaris 70 % dari luas danau sekitaran 2. 700 hektar ini tertutup eceng gondok. Usaha pembersihan serta kursus pemakaian eceng gondok yang dikerjakan pemerintah, belum juga dapat kurangi desakan populasi gulma ini.

Lihat potensi wisata air yang baik namun terhalang oleh banyak eceng gondok ini, pihaknya menginginkan memberi jalan keluar lewat iklan tv dengan membuat Rawapening jadi tempat pariwisata serta membuat eceng gondok jadi bahan bakar.

” Bila iklan ini diputar diliat, orang juga akan tergerak, membuat terobosan, agar membuat ide untuk merubah Rawapening. Semoga pemerintah lebih serius, agar jadi prioritas supaya persoalan eceng gondok terselesaikan, ” katanya.

Irwan mengungkap, bila Rawapening bersih dari enceng gondok, jadi ia percaya danau dengan legenda Baruklinting ini juga akan dapat diatur jadi tujuan wisata kelas dunia.

” Di Taiwan, danau Sun Moon lake hanya 800 hektar mungkin saja daya tarik internasional. Kita Rawapening lebih dari itu, saya percaya dapat, ” ucapnya.

Ia mengungkap, berdasar pada satu studi pada th. 1994 kedalaman air di Rawapening menjangkau 15 mtr.. Tetapi sekarang ini makin dangkal serta daya tampung airnya makin berkurang.

Irwan mengakui telah bicara dengan beberapa nelayan serta orang-orang di sekitaran Rawapening serta mereka begitu mensupport usaha pemerintah merevitalisasi danau ini, terlebih mengatur populasi eceng gondok.

Karenanya ia begitu mengharapkan, Jokowi dalam kunjungannya ke Jawa Tengah bersedia singgah lihat keadaan Rawapening. Hingga ada terobosan baru dalam usaha penyelamatan Rawapening.

” Tiap-tiap pak Jokowi datang senantiasa bawa barokah, ” sebutnya.