SHARE

Wakil Presiden (Wakil presiden) Juiceuf Kalla (JK) resmikan System Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (20/7/2017).

SPAM adalah project strategis nasional (PSN) dengan memercayakan air sumber umbulan yang memiliki debet air sejumlah 4 mtr. kubik per detik yang juga akan disalurkan ke di lima kabupaten serta kota di Jawa Timur.

” Bila project ini telah jadi, jadi dengan automatis, air bersih juga akan disalurkan ke Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, serta Kabupaten Gresik. Serta yang tentu, sumber mata air ini juga akan tetaplah terbangun, dengan keinginan dapat berkepanjangan, ” kata Kalla.

Peresmian mega project itu adalah realisasi pelaksanaan project yang terdaftar dalam Ketentuan Presiden No 3 Th. 2016 mengenai Percepatan Proses Project Strategis Nasional dengan besaran investasi sekitaran Rp 4, 51 triliun ini lewat skema Kerja Sama Pemerintah Tubuh Usaha (KPBU).

Kalla mengingatkan supaya besarnya debet air yang juga akan didistribusikan tidak merugikan orang-orang. Dia memohon PT Meta Adhya Tirta Umbulan sebagai Tubuh Usaha Pelaksana untuk tetaplah melindungi lingkungan Umbulan supaya sekitar lingkungan project itu tetaplah terbangun serta tidak rusak.

” Jika sumbernya tidak dijaga atau konservasi rimba sekalian lingkungannya tidak maksimum, dengan automatis sumber mata air ini juga akan rusak. Serta berikut jadi pekerjaan yang begitu perlu, bagaimana langkahnya lakukan konservasi lingkungan kurun waktu dekat ini, ” katanya.

Untuk di ketahui, SPAM Umbulan juga akan mengalirkan air dengan kemampuan produksi sebesar 4. 000 liter per detik dengan jaringan pipa transmisi selama 92, 3 km melalui 16 titik supply.

Dengan perincian pembagian kelima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Propinsi Jawa Timur, yakni semasing PDAM Surabaya sebesar 1. 000 liter/detik, PDAM Kabupaten Pasuruan 410 liter/detik, PDAM Kota Pasuruan 110 liter/detik, PDAM Kota Sidoarjo 1. 200 liter/detik serta PDAM Kota Gresik 1. 000/detik.