SHARE

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro serta Perdagangan Kota Batu berinisial SA ditahan Kejaksaan Negeri Kota Batu karna disangka lakukan korupsi aktivitas publikasi sewa papan reklame.

SA ditahan di Lapas Kelas I Lowokwaru Kota Malang pada Kamis (20/7/2017) sesudah melakukan kontrol di kantor Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu, Nur Chusniah menyebutkan, masalah korupsi yang didugakan pada SA berlangsung pada th. 2015.

Saat itu, SA menjabat jadi kepala Sisi Humas Pemerintah Kota Batu. SA juga jadi Petinggi Pembuat Prinsip (PPK) dalam aktivitas publikasi sewa papan reklamedi Bandara Juanda, Surabaya serta Denpasar, Bali itu.

Jadi PPK, SA disangka sudah menyalahgunakan wewenangnya untuk menggelembungkan biaya aktivitas itu serta bertindak yang tidak cocok kontrak.

” SA disangka sudah lakukan perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan kewenangan sebagai PPK dalam aktivitas publikasi sewa billboard di Juanda serta Denpasar dengan membuat mark up HPS, tidak sempat dikerjakan survey, ” tuturnya pada Kompas. com, Jumat (21/7/2017).

Terkecuali sangkaan mark up, SA juga disangka lakukan aktivitas itu tidak cocok dengan spesifikasi dalam kontrak tidak ada adendum.

” Ke-2 aktivitas semua terwujud namun tidak cocok kontrak. Umpamanya disiarkan sepanjang setahun cuma disiarkan sebagian bln., ” tuturnya.

Atas aksi itu, kerugian negara diprediksikan menjangkau Rp 200 juta.

Terkecuali SA, relasi yang berinisial KY telah ditahan terlebih dulu atas masalah yang sama.