SHARE

Jakarta – Panitia spesial (Pansus) RUU Pemilu mengadakan rapat internal mengulas pengambilan ketentuan lima gosip krusial yang masih tetap pending. Rapat di gelar tertutup.

Rapat di gelar di ruangan Pansus B, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2017). Rapat di pimpin Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy didampingi Ahmad Riza Patria serta Yandri Susanto.

Agenda awal rapat yaitu mengulas alokasi penambahan 1 kursi anggota DPR. Agenda setelah itu musyawarah mufakat atau menyamai sikap Pansus pada 5 gosip krusial.

” Rapat di gelar dengan tertutup, silahkan terkecuali Pansus untuk meninggalkan ruang, ” tutur Lukman sembari mengetuk palu sidang.

Seperti di ketahui, sekarang ini masih tetap ada 5 gosip krusial yang belum juga di ambil ketentuan. Rapat hari ini di gelar sebelumnya Pansus mengemukakan pandangannya waktu rapat dengan pemerintah pada hari Kamis (13/7).

Gagasannya hari Kamis, bila telah disetujui, juga akan dikerjakan penandatanganan naskah RUU dengan pemerintah diwakili Mendagri serta Menkum HAM. Tanggal 20 Juli RUU juga akan disahkan jadi UU.

Ada juga 5 gosip krusial yang belum juga ditetapkan yaitu :
1. Pengaturan dapil DPR
2. System Pemilu
3. Cara konversi suara
4. Ambang batas capres (presidential threshold)
5. Ambang batas parlemen (parliamentary threshold)

Baca Juga  Presidential Threshold 20% Bisa Bermasalah Secara Konstitusi Ungkap Perludem