SHARE

Washington DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membela putra sulungnya, Donald Trump Jr, yang tengah jadi kabar berita karna tersingkap berjumpa pengacara Rusia semasa kampanye pilpres 2016. Trump memberikan pujian pada putranya yang transparan mengaku pertemuan itu.

” Putra saya yaitu sosok berkwalitas tinggi serta saya memberikan pujian pada transparansinya, ” ucap Trump dalam pernyataan pada wartawan, seperti ditulis AFP, Rabu (12/7/2017). Pernyataan tertulis Trump itu dibacakan oleh juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, pada wartawan setempat.

Dalam pernyataan pada umum, Trump Jr terlebih dulu mengakui dengan terang-terangan masalah pertemuan dengan seseorang pengacara Rusia bernama Natalia Veselnitskaya. Pertemuan itu dikerjakan di Trump Tower, New York pada 9 Juni 2016, sebagian bln. sebelumnya pilpres AS di gelar.

Terkecuali Trump Jr, ketua tim kampanye Trump waktu itu, Paul Manafort serta menantu Trump, Jared Kushner juga ada dalam pertemuan itu.

Dalam pertemuan itu, Trump Jr dijanjikan juga akan terima info negatif masalah Hillary Clinton, lawan ayahnya dalam pilpres 2016. Info negatif masalah Hillary itu dimaksud juga akan untungkan pencapresan Trump. Tidak di ketahui tentu apa info negatif yang disebut.

Berita masalah pertemuan putra sulung Trump dengan pengacara Rusia ini pertama kalinya dilaporkan media terkenal AS, The New York Times. Pertemuan ini tersingkap waktu AS tengah mengadakan penyelidikan federal masalah sangkaan campur tangan pemerintah Rusia dalam pilpres AS. Tim kampanye Trump disangka berniat berkolusi dengan Rusia semasa kampanye pilpres, untuk memenangi Trump.

Pertama kalinya di tanyai tentang pertemuan itu, Trump Jr mengatakan pertemuan itu tidak mengulas mengenai Hillary. Tetapi lalu, dia mengemukakan hal berlainan. Dikatakannya, Veselnitskaya mengakui mempunyai info tentang beberapa orang yang tersambung dengan Rusia, mendanai Komite Nasional Partai Demokrat serta mensupport Hillary.

Baca Juga  Komunikasi dengan Rusia, Emailnya Diperlihatkan Donald Trump Jr

” Statemen dia samar, ambigu serta tidak masuk akal. Tidak ada detil atau info pendukung yang didapatkan atau bahkan juga di tawarkan. Hingga terang kalau dia tidak miliki info bermakna, ” tutur Trump Jr dalam pernyataannya, sekian waktu lalu.

Minggu ini, persisnya pada Selasa (11/7) saat setempat, Trump Jr melaunching rangkaian e-mail yang menerangkan tawaran yang diterimanya, untuk berjumpa pengacara Rusia itu, th. kemarin. Tawaran itu diantar padanya lewat e-mail, sesudah seseorang ‘perantara’ menjanjikan kalau si pengacara Rusia mempunyai ‘informasi sensitif’ sebagai ‘bagian support Rusia serta pemerintahannya untuk Trump’.

Dalam wawancara paling baru dengan Fox News, Trump Jr mengakui dianya tidak sempat memberitahukan ayahnya masalah pertemuan dengan Rusia itu. ” Tidak. Itu bukanlah apa-apa. Tak ada apa pun yang butuh diberitahukan. Itu sebenarnya cuma 20 menit yang percuma, yang bikin malu, ” ucapnya.