SHARE

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah merajut jalinan kerja dengan Sub Sisi Informasi dan Publikasi PD (Pangkalan Data) Dikti, Pusdatin Iptek Dikti, Kemenristekdikti mengenai data mahasiswanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubbid Informasi dan Publikasi PD (Pangkalan Data) Dikti, Pusdatin Iptek Dikti, Kemenristekdikti, Franova Herdiyanto pada Kompas. com, Selasa (11/7/2017).

” Kami sudah peroleh surat keinginan pembukaan periode laporan dari pengelola PD Dikti UNJ, dan telah kami system, ” papar Franova.

Ia menginginkan, pihak UNJ lakukan perbaikan dan selekasnya meng-update data mahasiswanya yang valid, sampai tidak ada mahasiswa yg tidak tercatat pada website forlap. ristekdikti. go. id. Ia mengatakan, ketetapan mengenai pendataan data mahasiswa ini sudah diwajibkan sejak mulai th. 2002.

” Untuk Pendataan Pendidikan Tinggi sudah ada dan diwajibkan sejak mulai th. 2002, untuk website forlap baru ada sejak mulai sekitaran th. 2014, ” sebutnya.

Lebih dahulu, Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Pariwisata Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Budi menjelaskan pemicunya sebagian besar data mahasiswanya tidak tercatat dalam website forlab dikti.

” Nampaknya baru lima th. terakhir diadakan laporan (forlap dikti) itu. Cuma untuk angkatan 2014 memang belum (terdaftar di forlap dikti). Apabila angkatan selanjutnya sudah terdaftar semua, ” tuturnya waktu dihubungi Kompas. com.

Franova menjelaskan karna yang disebabkan apabila data mahasiswa tidak tercatat dalam website forlab dikti. Kecuali dibutuhkan jadi rujukan pemberian beasiswa, penelitian, perlombaan tingkat mahasiswa dan hal yang beda, data mahasiswa di PDDikti demikian butuh waktu seorang mahasiswa geser perguruan tinggi (PT).

BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) juga sudah mengetahui peran strategis PDDikti ini dan menggunakan PD Dikti untuk mencari legalitas pendidikan tinggi calon PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun PNS aktif.