SHARE

Renard Ichthus Hernando (14), murid SMAN 18 Kabupaten Tangerang, pernah risih bila orang yang lain membahas tinggi tubuhnya.

Bungsu dari dua bersaudara itu mempunyai tinggi yang lebih dari rekan seusianya, yaitu 195 sentimeter.

” Terkadang risih juga bila di tanya-tanya masalah tinggi (tubuh). Makannya apa, kok dapat tinggi, seperti demikian, ” kata Renard pada Kompas. com di sekolahnya, Jumat (21/7/2017) siang.

Renard mengemukakan, beberapa rekannya seringkali membahas problem tinggi tubuhnya saat dia masuk SMA.

Semasa di bangku SD ataupun SMP, Renard telah termasuk tinggi, namun belum juga setinggi sekarang ini.

Menurutnya, rata-rata anggota keluarganya mempunyai tinggi diatas 170 sentimeter. Renard bercerita, ayahnya miliki tinggi 180 sentimeter, ibunya 170 sentimeter, serta kakak lelakinya 190 sentimeter.

Awalannya, yang tertinggi di keluarganya yaitu kakaknya. Tetapi, seiring waktu berjalan, tubuh Renard makin tinggi. Ia juga masih tetap mungkin saja untuk jadi bertambah tinggi sekali lagi.

Walau beberapa rekannya seringkali bercanda masalah tinggi tubuh, Renard menyikapi hal itu dengan positif. Dia serta murid beda tetaplah berteman dan bergaul seperti umumnya.

” Pernah tidak nyaman bila ngomongin tinggi tubuh, sayanya tidak enak. Namun, lama kelamaan jadi dapat serta ya telah dibawa enjoy, ” tutur Renard.

Pada usianya yang muda ini, Renard mempunyai hoby bermusik serta berolahraga bulu tangkis. Dia juga merencanakan memahami ketrampilannya bermusik dengan gitar selepas waktu SMA kelak. Ia menginginkan berkuliah di universitas dengan konsentrasi seni serta musik.