SHARE

Komisi IV DPR RI mempertanyakan gagasan penghilangan subsidi benih yang juga akan dikerjakan oleh pemerintah pada th. 2018 yang akan datang.

“Bantuan subsidi benih ini masih tetap diperlukan. Petani masih tetap mengharapkan pada subsidi ini. Bila umumnya beli bibit 11 ribu rupiah, dengan subsidi cuma dibeli dengan dua ribu lima ratus, mendadak semuanya ditiadakan, pasti juga akan memberatkan petani, ” tegas Ketua Komisi IV Edy Prabowo yang memimpin rapat Komisi IV DPR di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Di ketahui argumen pencabutan subsidi dikarenakan oleh penyaluran yg tidak terserap dengan baik. Tetapi, Wakil Ketua Komisi IV Herman Khoeron menilainya hal tersebut cuma masalah mekanisme saja.

“Menjadi begitu aneh bila Kementerian Keuangan mencabut demikian saja subsidi tidak ada kajian terlebih dulu. Saya mengira ada saran terlebih dulu dari Kementerian Pertanian. Jikalau ingin dihapuskan mesti ada argumen yang pas, ” lebih Herman.

Menjawab hal tersebut, Sekjen Kementerian Pertanian Hari Haryono menyebutkan kalau pihaknya belum juga sempat menyarankan penghilangan subsidi benih pada Kementerian Keuangan.