SHARE

Sudirman said, Menteri ESDM memang sudah benar-benar kurang ajar. Menteri yang melaporkan rekaman illegal Setya Novanto dengan Maroef Syamsudin, ke Mahkamah Kehormatan Dewan pertengah November lalu, rupanya sudah membuat kesepakatan tersendiri dengan James “Jim Bob “ Moffet, bos Freeport tentang perpanjangan kontrak Freeport di Indonesia.

Pada 8 Oktober lalu PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Pemerintah Indonesia, menurut Sudirman said dan Jim Bob seperti dirilis oleh nasdaq.com, telah sepakat untuk memperpanjang kontrak karya Freeport di Indonesia.

Mereka telah terlibat dalam diskusi yang produktif mengenai hak operasi jangka panjang PT-FI dan rencana investasi lainnya. Pemerintah RI menurut Sudirman sai sedang mengembangkan langkah-langkah stimulus ekonomi yang meliputi revisi peraturan pertambangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

Dalam pertimbangan investasi besar PT-FI dan komitmen sebelum dan berkelanjutan untuk meningkatkan manfaat bagi Indonesia, termasuk yang telah disepakati sebelumnya yakni dengan pembagian royalti yang lebih tinggi, pengolahan konsentrat di dalam negeri, divestasi saham dan pemanfaatan konten lokal, Pemerintah RI telah meyakinkan PT FI bahwa Pemerintah akan menyetujui perpanjangan operasi tambang sebelum 2021.

James R. Moffett, Presiden Komisaris Freeport-McMoRan Inc, menyatakan, “Kami sangat senang dengan jaminan dari Pemerintah Indonesia kepastian hukum dan fiskal dan berharap untuk melanjutkan kemitraan dan rencana investasi jangka panjang kami untuk memajukan perekonomian, pekerjaan dan kecepatan ekonomi di Papua, ” kata Moffett seperti dikutip nasdaq.com

Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, mengatakan, “Kami menyambut kelanjutan investasi Freeport di Papua yang akan memberikan peningkatan manfaat bagi perekonomian nasional dan lokal.”

FCX nama sandi untuk Freeport MacMorran di bursa saham New York, adalah perusahaan terkemuka sumber daya alam yang berbasis di AS dengan portofolio global industri aset mineral, sumber daya serta minyak dan gas. FCX adalah produsen tembaga terbesar di dunia.

2 COMMENTS

Comments are closed.