SHARE

Dalam peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 70 di Lapangan Karebosi Makassar, Presiden Joko Widodo menyebutkan peran koperasi pada perekonomian Indonesia sebesar 3, 9 %.

” Data yang saya terima, sumbangan koperasi pada perekonomian Indonesia ada pada angka 3, 9 %. Walau itu, hal semacam ini alami penambahan 2 x lipat di banding dua 1/2 th. lantas, ” kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (12/7/2017).

Peran koperasi sebesar 3, 9 % ini, sambung Jokowi, masih tetap kalah jauh di banding negara-negara yang lain. Seperti Prancis sebesar 18 %, Belanda 18 %, Selandia Baru 20 %.

” Walau sebenarnya tiap-tiap th. kita senantiasa berteriak untuk menggerakkan koperasi jadi soko guru perekonomian negara kita. Berikut pekerjaan besar kita, supaya peran koperasi pada perekonomian negara kita bertambah dengan mencolok, ” imbaunya.

Jokowi juga mengklaim bila Indonesia alami banyak perkembangan, terlebih di bidang perekonomian yang tumbuh baik serta makin sehat. Di mana daya saing investasi di Indonesia makin baik, hingga inflasi terbangun.

Begitu halnya kesenjangan ekonomi Indonesia yang diukur dengan gini rasio juga makin lebih baik di angka 0, 394 serta perkembangan ekonomi pada kuartal pertama ada pada 5, 02 %.

Ia mencontohkan, perkembangan ekonomi di Sulawesi Selatan ada di angka 7, 4 % atau tambah baik di banding perkembangan ekonomi nasional. Begitu juga dengan angka perkembangan ekonomi Makassar yang ada di angka 7, 9 %.

” Yang saya saksikan memanglah di Sulawesi Selatan, di Makassar, usaha-usaha kecil, usaha-usaha menengahnya bergerak. Koperasinya bergerak semua, ” katanya.