SHARE

Dua pemuda kenakan pakaian Betawi luwes mengajak pemirsa turut bersyair menaikkan ceria pementasan yang di gelar di Galeri Indonesia Kaya (GIK) Jakarta pada Rabu, 19 Juli 2017 tempo hari.

Walau mengundang tawa, ini bukanlah lenong, tetapi gambang rancag, satu diantara seni ciri khas Betawi juga.

Seni itu terdiri atas gambang (musik) serta rancag (sastra lisan). Dengan iringan musik gambang, sang juru rancag juga akan menjelaskan pantun berkait mengenai beragam masalah dalam kehidupan orang-orang Betawi.

Pementasan yang di nikmati Kompas. com saat itu, dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Kampus Negeri Jakarta (UNJ) yang bekerja sama juga dengan sanggar Pusake Betawi.

Mereka bersyair mengenai sinopsis lakon lenong yang juga akan dipertunjukkan selanjutnya, Mirah si Gadis Marunda.

Tidak seperti lenong, rancag tidak demikian di kenal orang-orang pemula. “Pernah dengar, namun saya sangka mengenai silat-silatan gitu, ” papar Riani (26), salah seseorang pencinta seni yang ada di GIK, pada Kompas. com, Kamis.

Dibanding dengan lenong, system pewarisan rancag dinilai sedikit susah. Dosen Sastra serta Budaya Betawi UNJ, Siti Gomo Attas menjelaskan kalau rancag adalah seni sastra tinggi berbentuk narasi rakyat yang dipantunkan serta disyairkan hingga mempunyai tingkat kesusahan mengagumkan.

“Selain mesti bisa ketahui narasi yang dirancagkan, seseorang perancag harus juga bisa membuat pantun serta syair, termasuk juga mesti dapat melagukan dengan irama gambang rancag, ” tutur Siti.

Disamping itu, lanjutnya, lenong adalah seni papar yang agak lebih gampang karna cuma memerlukan kepiawaian dalam narasi serta candaan Betawi, termasuk juga ciri-khas yang kuat. Oleh karenanya, tidak ayal bila rancag susah dipelajari.

Tetapi, dengan terdapatnya acara yang bertopik “Ketawa-Tiwi : Kumpul Seni Kebiasaan Betawi” itu Siti mengharapkan orang-orang pemula, terlebih mahasiswa jadi penerus bangsa, tidak sebatas mengetahui rancag, namun juga rasakan hidup getirnya satu kehidupan budaya Betawi, serta lalu turun segera untuk mewarisinya.