SHARE

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan juga akan menindak tegas beberapa pengemudi sepeda motor yang menerobos jalur pejalan kaki atau trotoar di Kota Bekasi.

Ia merencanakan mengerahkan anggota Satpol PP wanita untuk menyapa pengendara sepeda motor yang melalui jalur pejalan kaki.

” Kelak juga akan saya turunin anggota Satpol PP, terlebih anggota yang wanita. Agar kelak malu ditegur sama perempuan, ” tutur Rahmat waktu didapati di Bekasi, Kamis (20/7/2017).

Rahmat menyatakan, selama ini bukanlah aksi hukum yang juga akan diaplikasikan pada pesepeda motor yang naik ke trotoar. Satpol PP juga akan berjaga untuk melarang pesepeda motor yang akan masuk ke jalur pejalan kaki serta menyapa mereka.

“Mereka mesti ditindak tegas, namun bukanlah tindak hukum. Mesti diberitakan ke mereka, ” ujar

Ia menerangkan, peranan dibuatnya jalur pedestrian ini yaitu untuk kenyamanan warga Kota Bekasi. Warga diberi sarana yang tambah nyaman untuk berekspresi serta melakukan aktivitas.

“Perilaku pengendara sepeda motor ini mesti dikembalikan pada budayanya. Karna telah terang pedestrian untuk pejalan kaki, ” kata Rahmat.

Nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi juga akan menertibkan bila masih tetap ada pengemudi yang bandel. Diluar itu, Rahmat juga menyebutkan waktu sore hari memanglah jalur pedestrian itu seringkali jadi tempat beristirahat beberapa ojek on-line.

Ia menyebutkan, diijinkan beristirahat serta duduk di bangku yang berada di jalur pedestrian. Tetapi, baiknya motor mereka tidak disimpan di jalur pedestrian.

Disamping itu, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hero Bachtiar juga menyebutkan hal yang sama, kalau pengemudi sepeda motor di jalur pedestrian mesti ditindak tegas.

“Kalau dia telah lewat jalur jalan yang bukanlah pada peruntukkannya, polri mesti menindak tegas karna itukan bukanlah jalurnya dia. Jadi mungkin saja kelak deretan lalu serta polsek juga akan saya perintahkan untuk standby disana mensterilkan tempat itu, ” kata Hero.

Hero juga menyebutkan hal itu seringkali berlangsung di jam-jam repot seperti pagi serta sore hari. Walau demikian, kata Hero, polisi tidak dapat menindak semuanya pengemudi, sebab juga akan membuat jalan raya lebih tersendat.

Pemecahannya, Hero juga akan meletakkan semakin banyak petugas di ruang pedestrian yang seringkali dilintasi motor, hingga tak ada sekali lagi yang tidak mematuhi, juga mengurai kemacetan itu.