SHARE

Jakarta Jadi makhluk sosial, manusia sering mempunyai ketidaksamaan pendapat serta langkah pandang pada suatu hal. Jadi tidaklah heran, saat berdiskusi sering kita ada dalam kondisi yang menegangkan karna ketidaksamaan pendapat. Lantas bagaimana langkah supaya adu alasan itu jalan dengan tenang serta pendapat Anda menang?

Ditulis dari Independent, Jumat (21/7/2017), tersebut taktik yang dapat menolong Anda memenangi alasan dengan sopan serta berpendidikan.

Janganlah coba terobsesi untuk menang
Menyerang ide seorang serta meletakkan mereka pada tempat tersudutkan yaitu langkah yang umum dipakai. Tetapi, awalilah berlatih untuk membawa pandangan rekanan Anda pada pembicaraan serta rangkuman yang logis, hingga Anda dapat menang dengan spontan tanpa ada mesti terobsesi untuk memenanginya.

Hormati Perspektif Orang Lain
Tidak perduli begitu konyolnya alasan seorang, Anda mesti dapat menghormati perspektif dari orang itu bila Anda menginginkan memenangi satu perbincangan. Menurut seseorang profesor psikologi University of California, Petter Ditto mengungkap kalau saat seorang dapat menghormati orang yang lain lewat cara spesifik, jadi mereka juga akan relatif gampang terima info yang lebih positif. Hal tersebut karena jalinan emosional yang terjadi saat menghormati orang yang lain, juga akan membuat Anda lebih logis dari yang terlebih dulu.

Kemukakan Pertanyaan Terbuka
Jika Anda tengah hadapi pertikaian, baik itu dengan keluarga ataupun pasangan, jadi ajukanlah pertanyaan terbuka supaya sangat mungkin mereka untuk buka diri semakin besar. Demikian halnya ditempat kerja, pertanyaan terbuka yang diserahkan dapat mentransformasikan hubungan yang kompetitif jadi kooperatif.

Yakin
Bila menginginkan pendapat Anda didengarkan oleh orang yang lain, jadi berilah mereka kepercayaan serta keyakinan diri. Satu studi pada th. 2013 temukan kalau beberapa orang juga akan dengarkan pendapat orang yang lain yang melakukan tindakan memberikan keyakinan, seakan-akan mereka memanglah tahu segalanya tentang kebenaran juga akan satu hal.

Perlihatkan kalau orang yang lain juga setuju
Menurut Robert Cialdini dalam bukunya Psikologi Persuasi, bukti sosial yaitu langkah paling baik untuk membuat orang yakin dengan apa yang Anda katakan. Hal semacam ini adalah kecenderungan untuk tunjukkan bukti pada mereka kalau ada orang yang lain yang sepakat dengan pendapat yang Anda kemukakan. Makin beberapa orang yang Anda perlihatkan jadi bukti sosial, jadi makin besar kesempatan Anda untuk memenangi perbincangan itu.

Pakai data
Beberapa orang akan tidak yakin demikian saja dengan pengucapan Anda jika tidak di dukung oleh bukti fisik yang riil. Beberapa orang juga akan meyakini beberapa ilmuwan karna mereka memiliki pendapat berdasar pada kenyataan serta di dukung oleh grafik, angka serta dokumentasi yang riil. Oleh karenanya, elemen-elemen sains seperti grafik serta angka begitu punya pengaruh dalam memberi kemampuan persuasif.