SHARE

Jakarta Anda penggemar kopi? Bila ya, ini mungkin saja jadi berita baik untuk Anda. Satu riset paling baru membuka, minum tiga cangkir kopi satu hari turunkan resiko semua penyakit serta kematian. Mengagumkan, bukan?

Kopi memanglah adalah satu diantara minuman favorite yang paling banyak dikonsumsi orang-orang dunia. Diprediksikan ada 2, 25 miliar cangkir kopi yang dikonsumsi di semua dunia sehari-hari.

Seperti dimuat situs Daily Star, Rabu (12/7/2017), studi itu dikerjakan oleh tim ilmuwan dari Imperial College London. Mereka bahkan juga temukan kopi tanpa ada cafein juga mempunyai dampak yang sama.

Ilmuwan mengkaji data dari lebih 1/2 juta orang di 10 negara Eropa, termasuk juga Inggris, untuk mengeksplorasi dampak mengkonsumsi kopi pada resiko mortalitas. Akhirnya cukup mengagetkan.

” Periset dari Tubuh Internasional untuk Riset Kanker (IARC) serta Imperial College London temukan, tingkat mengkonsumsi kopi yang lebih tinggi berkaitan dengan penurunan resiko kematian, ” catat laporan itu.

Dr Marc Gunter, dari IARC, menyebutkan, mengkonsumsi kopi terkait dengan resiko kematian, terutama untuk penyakit peredaran darah serta penyakit pencernaan. ” Yang menarik, hasil studi ini sama di semua 10 negara Eropa dengan rutinitas serta rutinitas minum kopi yang beragam, ” tuturnya.

Dengan memakai data dari studi EPIC (European Calon Investigation into Cancer and Nutrition), grup itu mengkaji data dari 521. 330 orang dari umur diatas 35 dari 10 negara Uni Eropa, termasuk juga Inggris, Prancis, Denmark serta Italia.

Pendiri EPIC, Profesor Elio Riboli memberikan, temuan ini menaikkan bukti kalau minum kopi bukan sekedar aman, namun mempunyai kesehatan yang membuat perlindungan kesehatan.

” Sesaat riset selanjutnya dibutuhkan, kita bisa percaya kalau hasil studi ini mengkonfirmasi temuan terlebih dulu tentang faedah kopi di semua dunia, ” ujarnya.