SHARE

Jakarta – Akhir-akhir ini mengedar berita mengenai banyak aplikasi di Google Play yang terinfeksi malware serta membahayakan system Android. Beberapa serangan beresiko ini dapat dijauhi dengan mengecek perizinan aplikasi atau hindari pemasangan aplikasi yang tidak terang keamanannya. Google juga ikut bertanggungjawab mengamankan tiap-tiap smartphone Android.

Karenanya, diam-diam perusahaan raksasa bermarkas di Silicon Valley itu mengenalkan satu feature keamanan baru di Android Nougat 7. 1 yang dimaksud panic detection model dengan kata lain panic button.

Feature ini mempunyai manfaat untuk mendeteksi beberapa aplikasi berbentuk jahat. kutip dari XDA Developer, Rabu (12/7/2017), feature ini mencari berapakah kali pemakai menghimpit tombol back sepanjang periode saat spesifik.

Waktu tombol ditekan sekitaran 0, 3 detik atau lebih cepat, feature ini juga akan menonaktifkan serta membatalkan perintah kerja aplikasi, dan kirim kembali kamu ke homescreen smartphone.

Feature ini bermanfaat untuk menghindar aplikasi jahat masuk ke smartphone. Deteksi dari panic button berusaha untuk mempermudah pemakai ke luar dari beberapa aplikasi jahat. Nah, saat feature itu aktif serta pemakai telah berada di Home, pemakai dapat menghapus aplikasi jahat yang disebut.

Hadirnya feature ini juga akan begitu mempermudah pemakai, terlebih waktu satu aplikasi jahat berkali-kali menampik tidak diaktifkan. Modus panic button ini mendeteksi pemakai yang berupaya ke luar dari satu aplikasi.

Sayangnya, sekarang ini jumlah pemakai Android yang menggerakkan Android Nougat baru 0, 9 % dari keseluruhan pemakai Android.