SHARE

Menteri Koordinator Bagian Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kalau Gubernur serta Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan serta Sandiaga Uno, mesti meneruskan project reklamasi pantai utara Jakarta.

” Tidak ada masalah, ingin siapa saja pemerintahnya, mesti menghormati kajian yang di keluarkan oleh institusi yang kredibel. Tidak dapat kita seleramu karna kamu jadi petinggi baru, segera ingin gonta-ganti semuanya, tidak bisa, ” tutur Luhut di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

” Kita jadi negara juga kelak dicerca orang (bila tidak meneruskan project reklamasi). Kok tidak berkelanjutan pada kajian yang di buat pemerintahan waktu lalu, ” lanjut dia.

Luhut menerangkan, gagasan project reklamasi telah ada mulai sejak masa Presiden ke-2 RI Soeharto.

Project itu lalu dilanjutkan kembali ke masa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono serta sekarang ini, diteruskan oleh Presiden Joko Widodo. Lagipula, project reklamasi mempunyai faedah positif untuk rakyat Jakarta.

Satu diantaranya, reklamasi dipercaya menolong menahan Jakarta dari penurunan tanah yang berlangsung tiap-tiap th.. Hal tersebut didasarkan pada kajian beberapa peneliti.

Bila Gubernur serta Wakil Gubernur DKI Jakarta baru menginginkan merubah gagasan itu, Luhut merekomendasikan mereka lihat kajian project reklamasi terlebih dulu.

” Saksikan saja kajiannya, bacalah kajiannya. Demikian saja ribet, ” tutur Luhut.

Masalah ada pulau pada project reklamasi yang pernah punya masalah pada Izin Membangun Bangunan (IMB), Luhut menilainya, hal tersebut cuma masalah tehnis.

” Bila itu masalah tehnis. Masalah tehnis umum saja. Di mana-mana saja ada itu, ” tutur dia.