SHARE

Terdakwa Wali Kota Madiun non aktif Bambang Irianto (BI) resmi mengundurkan diri dari jabatannya lewat surat pribadi yang ditulis, Senin (3/7/2017).

Surat pengunduran diri orang nomor satu di lingkup Pemkot Madiun itu dibacakan dalam sidang paripurna DPRD Kota Madiun, Selasa (11/7/2017).

” Hari ini paripurna mengagendakan pengumuman pengunduran diri Wali Kota Madiun Bambang Irianto sebagai Wali Kota Madiun waktu bakti 2014-2019, ” kata Ketua DPRD Kota Madiun, Istono waktu didapati selesai sidang paripurna, Selasa (11/7/2017).

Istono menjelaskan, pengumuman pemberhentian itu berdasar pada pasal 79 ayat 1 undang-undang nomor 23 th. 2014 mengenai pemerintahan daerah dan surat pengunduran diri dari Bambang Irianto.

Dia menyebutkan, dengan mundurnya Bambang jadi juga akan ditukar Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto. Sedang untuk isi tempat wakil wali kota menanti partai pengusungnya.

” Sesuai sama ketentuan, sepanjang sisa waktu kerja masih tetap diatas 18 bln., jadi kekosongan wakil kepala daerah bisa di isi, ” katanya.

Istono memberikan sesuai sama Undang Undang Republik Indonesia Nomor 10 th. 2016 pasal 176, wali kota berhenti karna wafat dunia, keinginan sendiri atau diberhentikan.

Sesaat pengisian wakil wali kota dikakukan mekanisme penentuan oleh DPRD Kota berdasar pada saran dari partai politik atau paduan partai politik pengusung.

Istono mengakui telah ada calon yang juga akan jadi wakil wali kota. Tetapi ia belum juga bersedia mengatakan namanya.

Untuk di ketahui hingga sekarang ini Wali kota Madiun non aktif, Bambang Irianto masih tetap melakukan sistem persidangan di Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Surabaya dalam masalah sangkaan korupsi gratifikasi serta tindak pidana pencucian uang.