SHARE

Walau sudah disiapkan tempat usaha di lantai basic, beberapa warga tempat tinggal susun sederhana sewa (rusunawa) Pesakih, Kalideres, Jakarta Barat, pilih berjualan didalam tempat tinggalnya.

Keadaan itu tampak di beberapa tempat tinggal yang terdapat di blok B Rusun Pesakih. Ruangan tempat tinggal makin tampak sempit karna banyak barang dagangan.

” Jadi sesungguhnya yang ruangan tempat tinggal begini tidak bisa digunakan buat jualan. Namun bagaimana, mereka bila jualan dibawah takut barang dagangannya hilang bila malam, ” tutur Ketua RT Blok B Rusun Pesakih, Rover, waktu didapati Kompas. com, Jumat (21/7/2017).

Di lantai basic tiap-tiap blok rusun itu, ada beberapa lapak pedagang tanpa ada penyeka. Barang dagangan di gelar di meja-meja serta etalase, komplit dengan meja serta bangku untuk melayani konsumen.

” Bila malmm beberapa barang kami hanya ditutup terpal. Bila saya tinggalnya di lantai tiga, ” tutur seseorang pedagang di tempat itu, Ros.

Seseorang pedagang beda, Lin, juga mengadakan dagangannya lewat cara yang sama walau pernah berlangsung momen kehilangan barang dagangan.

” Ya ada bebrapa berita hilang dagangannya demikian. Ya kurang terasa aman juga sich, terlebih saya tinggalnya diatas, dagangan dibawah, ” kata dia.

Menurut Lin, selama ini pengelola rusun sudah menjanjikan pembangunan kios-kios dengan pintu gulung di ruang itu.

” Telah di petak-petak ingin dibuat. Namun tidak tau mulainya kapan. Sesungguhnya bila ada kios lebih enak jualan dibawah begini dari pada diatas, ” ucapnya.